Kalender
Jadwal Festival 2017
Galery
Peternakan

Potensi Kawasan Peternakan 

Peternakan merupakan salah satu komponen dalam sistem usaha tani lahan kering yang mempunyai hubungan paling kuat dengan sub sistem lainnya. Populasi ternak terbanyak di Kabupaten Wakatobi ialah ayam buras dan terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Populasi sapi juga terus meningkat, sebaliknya pupulasi kambing yang terus mengalami penurunan.  

 

 Gambar: Populasi Ternak di Kabupaten Wakatobi Tahun 2008-2010 (Dinas Pertanian, Kehutanan, Perkebunan, Peternakan Kab. Wakatobi, 2011).

 Sesuai dengan potensinya maka rencana pengembangan peternakan di Kabupaten Wakatobi diarahkan pada pada ternak besar, yaitu kambing dan sapi dengan tetap mempertahankan populasi ternak lainnya. Potensi lahan untuk pengembalaan ternak ialah seluas 1.759,5 Ha.  Rencana wilayah pengembangan sektor peternakan adalah di Pulau Kaledupa dan Tomia.  Selain intensifikasi, pengembangan peternakan juga diarahkan pada sistem pertanian terpadu berbasis ekologi (integrated ecofarming system),  yaitu mengintegrasikan peternakan ke dalam pertanian tanaman pangan, perkebunan, dan kehutanan (agro-forestry pasteur).  Dalam konteks ini, selain sapi dan kambing, juga dapat dikembangkan ayam buras dan ras.

Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi
Jln. Samburaka No. 4 Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi Telp. / Fax : 0404 - 21011 Email : humas.wakatobikab@gmail.com
Sukses Update Data